Home Balap Motor IDW Yogyakarta 2021 : MX-King Dua Knalpot Satu Silinder Karya Andis Yogyakarta

IDW Yogyakarta 2021 : MX-King Dua Knalpot Satu Silinder Karya Andis Yogyakarta

366

RODABALAP.COM – Ada pemandangan yang berbeda saat pelaksanaan Indonesia Drag Wars (IDW) Championship seri 2 Lanudgading, Wonosari, Yogyakarta pada Minggu kemarin. Khususnya motor injeksi 200cc Tune Up yakni hadirnya Yamaha MX King yang bernaung dibawah bendera tim Daoer Oelang Yogya Ft Dos Muffler  menggunakan dua knalpot namun satu silinder karya Andis Yogyakarta.

Sebenarnya sich, ada banyak pendapat mengenai fungsi dari dua knalpot ini. Ada yang bilang dengan dua pipa knalpot di mesin satu silider, maka power motor akan bertambah karena pembuangan gas buang-pun jadi lebih lancar flownya. intinya kerja mesin jadi lebih bisa bebas bernafas, masuk akal. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa tekanan balik dari dua pipa knalpot ini lebih tereduksi.

Andis yang notabene pengerajin knalpot berlabel DOS Muffler

‘’Awalnya saya mengikuti model knalpot Moto3. Seperti yang kita ketahui mesin sama-sama 1 silinder, tetapi  pakai 2 knalpot.  Kalau digunakan padamotor 2 tak, jelas tenaganya ngempos. Sebab, knalpot berpengaruh besar pada performa mesin. Karena itulah, desain knalpot 2 tak harus penuh perhitungan dan tak sebebas 4 tak,’’terang Andis yang notabene pengerajin  knalpot berlabel DOS Muffler.

Sisi lainnya dari penggunaan dua knalpot namun satu silinder ini adalah untuk menghemat bobot. Logikanya jika menggunkan 1 knalpot, di dalamnya sebenarnya ada konstruksi knalpotnya lagi yang membuat 1 knalpot itu berat! Belum lagi diperlukan glaswool juga untuk menjaga desibel.

Nah, knalpot temuan DOS Muffler berhasil menemukan desain 2 knalpot yang ringan dan tidak membutuhkan glaswool. Itu sama artinya tingkat kebisingannya juga rendah. Maka jadilah desainnya 2 knalpot seperti sekarang, meskipun mesin hanya 1 silinder.

Oya, Yamaha MX-King menggunakan piston dengan diamter 77 dengan stroke 74,7. Jadilah kapasitas silindernya 347 cc.’’Ini perdana tampil dilintasan 201m, masih ada waktu buat memperbaiki kekurangan, agar tampil maksimal di event selanjutnya,’’tutup Andis.

Maksudnya tampil lagi di Lanudgading, Wonosari, Yogyakarta akhir pekan ini. Mantap. SenandunG