Home Balap Motor Melesat Bersama Knalpot R9, Bikin Jantung Berdetak (Sirkuit STQ Palu Sulawesi Tengah)

Melesat Bersama Knalpot R9, Bikin Jantung Berdetak (Sirkuit STQ Palu Sulawesi Tengah)

614

rodabalap.com – Saat pelaksanaan Spirit Of Sulawesi SCDC 19 di sirkuit STQ Palu Sulawesi Tengah Minggu yang lalu, ada pemandangan yang tidak lazim yakni penampilan salah satu pebalap yang turun di kelas Sport 150 cc Frame Standart menggunakan knalpot R9. Sensasi suara yang keluara dari pipa pelepas gas buang seketika memancing adrenalin bro. Weeeng… bikin jantung berdetak dan sangat terasa ditelinga.

Secara teori  tenaga standar Kawasaki Ninja 150R adalah 21.99 dk dengan torsi 17.26 Nm. Jika sudah diganti dengan knalpot racing maka semuanya akan berubah. Pastinya berubah menjadi lebih bagus, cabut-cabutnya responsif dan  top speed melejit. Akan lain ceritanya bila sudah dijalanan.  Nafas Ninja 150 standar semakin panjang. Contoh sederhanya bila menggunakan  gigi 2, yang tadinya hanya sampai 35 meter, dengan perubahan torsi dan tenaga bisa bertambah 5 meter lagi. Itu jarak yang panjang untuk sebuah tenaga.

Secara keseluruhan knalpot R9 berbahan dasar stainless steel atau pelat baja. Sedangkan silencer terbuat dari karbon dan header dirancang dari teflon agar mudah dapat konstruksi kerucutnya. Proses kerucut dari leher, perut sampai silencer butuh ketelitian. Soal itu produk R9 dikerjakan lewat mesin robotic. Itu potongan-potongan kecil sambung menyambung seperti las cacing diiris mesin CNC yang presisi. Lalu kerucutnya dibentuk oleh mesin khusus. Kombinasi ini menghasilkan penampilan yang mewah, tentu juga dapat tenaga yang asyik.

Semua knalpot R9 dibuat dengan mengedepankan 3 point penting, yaitu HP (Horse Power), Torsi, dan RPM yang menjadikan performa motor semakin maksimal. Tenaga dan torsi juga bertambah, namun tetap membuat mesin stabil tanpa mengalami overheat.

Previous articleIni Dia Pinky Ninja Peraih Diuble Winer Spirit Of Sulawesi SCDC 19 Palu
Next articlePerjalanan Hidup Kamal Losari Makassar Resseler ABRT 20 Muffler
Filosofi hidup : Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang