Home Balap Motor Modifikasi Bebek 130 Tune Up Drag Bike Bank BJB GBU RTP6 OP27...

Modifikasi Bebek 130 Tune Up Drag Bike Bank BJB GBU RTP6 OP27 Jet Up

2436

rodabalap.com – Untuk edisi kali ini penulis sengaja datang jauh-jauh demi mendapat data Bebek 130 Tune Up yang membela tim Bank BJB GBU RTP6 OP27 Jet Up. Ini sekaligus menjawab pertanyaan salah satu sahabat saya nan jauh disana (Medan) yang penasaran dengan tunggangan Opick Acil sewaktu pelaksanaan Puas Dragbike Series 2019 Round 1 Kajen Kabupaten Pekalongan.

Utamanya bertarung di lintasan Borobudur Magelang, Jateng terletak pada penyesuaian kompresi. Pilihan perbandingan kompresi di patok diangka  14:8. Akselerasinya dianggap sudah oke dengan pempatan tersebut.  Tenaga ngisi terus dari saat lampu start dinyalakan hingga menyentuh garis finish. Menurut Andi selaku mekanik yang mengawal Jupi tersebut, bila kompresi kurang dari itu motor malah jadi loyo. Tapi kalau lebih dari itu, power malah ketahan pada putaran atas.

Kompresi tersebut masih ada hubungan dengan piston dengan diameter 55.25 mm. Puncak piston  pada saat TMA  dibikin hampir sejajar dengan bibir blok silinder. Maksudnya deck clearence piston hanya disisakan 0.05 mm. Itulah yang menyebabkan motor melejit. Ditambah lagi sektor pengapian menggunakan CDI Rextor Prodrag2. Yang memiliki banyak fitur berguna buat drag bike, launch control yang bisa mengunci torsi saat start agar motor tidak spin atau roda depan terangkat lama.

Dari hasil akhir Puas Dragbike Series 2019 Round 2 Magelang memang harus diakui kekuatan Jupi lawan. Tapi, kita juga acungi jempol. Sebab selisih waktu antara ke-3 rider Bank BJB GBU RTP6 OP27 Jet Up.  Nol koma sekian detik dengan Dwi Batang yang berhasil menjadi pemenang. Usut punya usut, selisih waktu yang setipis kapas itu juga disebabkan oleh tusukan jarum karbu PWK 28 dengan spuyer 108/60.

Rasio dibkin lebih close (rapat) sehingga rpm tidak banyak turun saat proses pindah gigi. Hitungannya gigi 1( 13-33), gigi 2 (18-31),  gigi 3 ( Std) dan gigi 4 (Std-23) dengan gigi pengerak roda depan ukuran 13 dan belakang 33. So, tunggu kejutan di event berikutnya.

Previous articleDragbike Magelang : Eko Chodok Bersama Ninja Tune Up Bank BJB GBU RTP6 OP27 Jet Up Melesat 06.844 Detik, Juara
Next articleHasil Puas Dragbike Series 2019 Round 2 Magelang Jawa Tengah
Filosofi hidup : Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang