Modifikasi Fizr Pontianak Karya Mekanik Legendaris Cms Inter Biru Bawah Loyo Atas Ganas 2
Pada tahun 2019 yang lalu, bertempat di sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat

RODABALAP.COM – Pada tahun 2019 yang lalu, bertempat di sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, ada satu motor yang jadi pusat perhatian pecinta otomotif. Tidak lain adalah Yamaha FIZR yang bernaung dibawah bendera tim Bujang Sticker Pontianak. Sabet podium pertama kelas Ex-Rider lewat rider Arief Budiman.

Usut punya usut aktor di belakang layar ternyata Ati Surianto mantan mekanik legendaris dari tim CMS Inter Biru.  Berkat arahan beliau ke pembalapnya sendiri yang menuntut tidak hanya pandai memainkan gas, tapi juga pandai berhitung mengakumulasikan power dan posisi gigi persneling yang pas saat berebut posisi depan di tikungan.

Modifikasi Fizr Pontianak Karya Mekanik Legendaris Cms Inter Biru Bawah Loyo Atas Ganas
kaos biru Ati Surianto

Atas dasar itu FIZR yang dirakit di Jl. Dr. Soetomo Pontianak menerapkan korekan aman. Pada prinsipnya meminimalisir resiko efek domino dari korekan mesin yang diaplikasikan. “Untuk karbu masih menggunakan karbu orisinil Yamaha FIZR. Dengan kombinasi pilot jet 260 dan main jet 32.5. Dikombinasikan  dengan jarum skeep milik RX-King,’’ buka Nink Novi selaku owner tim via elektronik.

Adapun alasan penggunaan jarum skep tadi tidak lain agar setingan pada motor lebih cepat ketemu. Maksudnya, ketemu dengan mau-nya mekanik serta gaya balap pebalap yang geber itu motor. Puncaknya pada bagian silinder blok dijejali dengan piston berukuran 54,5 mm.

Kemudian porting exhaust dikorek menjadi 25 mm tingginya diukur dari bagian atas. Kemudian tinggi lubang transfer dibikin 39,5 mm dan bilas 41 mm. Konsekwensi dari angkaangka tadi putaran bawah jadi loyo tapi power atasnya ganas.

Modifikasi Fizr Pontianak Karya Mekanik Legendaris Cms Inter Biru Bawah Loyo Atas Ganas 1
Bujang Sticker Pontianak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here