Home Balap Motor Road Race 2018 : Nostalgia Dengan Suzuki Satria Series, It’s The Shark

Road Race 2018 : Nostalgia Dengan Suzuki Satria Series, It’s The Shark

2296

rodabalap.com -Suzuki Satria 120R ini bisa dikatakan sebagai rajanya bebek. Motor ini punya spek yang enggak main-main. Berkubikasi 120 CC, dua tak, enam percepatan, bikin motor memang kenceng, sekenceng-kencengnya. Mesinnya sendiri punya bore x stroke 56 x 49 mm, hmm, overbore mantap ini. Dengan spesifikasi mesin seperti itu, gak heran kalau motor ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 15 PS pada 8000 rpm, manalagi, ini motor bobotnya enteng, 101 kg kering!

Di masa kejayaan motor 2 tak, siapa yang tidak kenal dengan bebek bertampang keren dan adresif ini. SUZUKI Satria-Hiu adalah nama keren yang di bawa oleh generasi motor bebek keluaran Suzuki yang sebelumnya juga telah di luncurkan versi Satria-S dan Satria-R dengan kapasitas silinder yang sama 120cc. Hanya saja berbeda di jumlah gear speed dan beda bentuk body.

Suzuki Satria 2 tak (1997)

Saat empunya membeli motor ini, berbarengan dengan adanya krisis moneter kala itu, dengan nama Satria 120S kehadiran bebek super dengan transmisi 5 kecepatan ini sukses menggebrak pasar, tenaganya mencapai 13 dk/7500 rpm dan torsi 12,7 nm/6000 rpm, mesinnya masih berpendingin udara yang sama seperti Suzuki RC100 dan Tornado sehingga gak kwatir bakalan overheat.

Rangka menggunakan system kotak alias delta box yang saat itu sudah cukup canggih untuk motor seukuran bebek kala itu sehingga mempunyai bobot hanya 102,3 kg saja, dan saat diluncurkan dibandrol dengan harga 4,9 juta rupiah.

Suzuki Satria 2 tak (1999)

Revolusi berlanjut dengan meluncurkan Suzuki Satria berkopling tangan yang artinya manual transmisi, tampang gak jauh beda dengan satria sebelunnya namun bedanya sudah mengadopsi disk brake depan dan belakang dengan dipadu pelek racing di kedua roda, performa mesin juga ditingkatkan dengan memakai karbu yang lebih besar dari sebelumnya yang mengakibatkan lonjakan tenaganya membuat rider biasa ngeri bin wedi masbro, empunya sendiri mengatakan bahwa sampai saat ini, performa nya masih sama seperti saat pertama beli di tahun 1999-2000, namun kekurangan motor ini cuman dilengkapi stater engkol, berbeda dengan 120S yang mempunyai engkol dan elektrik stater.

Suzuki Satria 120R LSCM (2004)

Bisa dibilang ini merupakan generasi terakhir dari suzuki satria 120, bodinya berbeda dengan generasi awal dimana headlampnya lebih menyempit, bodi depan agak ramping namun belakang masih sama dan lebih sporty, digenerasi ini sudah dilengkapi dengan takometer, mesin masih tetap sama namun tenaganya meningkat menjadi 15 dk, tranmisi menjadi 6 kecepatan dan motor ini akhirnya berhenti produksi karena di 2005 sudah digantikan oleh Satria Fu 4 tak.

So, Have Nice Day….SenandunG

 

Previous articleBukti Hormonisnya Hubungan FIM Motocross World Championships Dengan Negara Asia
Next articleRoad Race 2018 : Nostalgia Bersama Yamaha FIZR, It’s The Royal Prince
selama itu bermanfaat dia akan memberi semangat pada orang lain