Home Balap Motor Road Race Magelang 2019 : Pakai Mesin Dragbike Jupiter Karya Eva Agus...

Road Race Magelang 2019 : Pakai Mesin Dragbike Jupiter Karya Eva Agus Prasetyo Tetap Saja Podium 1

1746

rodabalap.com – Coba perhatikan blok mesin Yamaha Jupiter peraih podium pertama kelas Bebek 4 Tak Tune Up  125 CC Pemula Magelang di kejuaraan Praja Racing Road Race Championship 2019 minggu kemarin (13/10). Ternyata itu motor sudah familiar dikalangan pecinta lintasan 201 M seputaran Jateng dan DIY. Lantaran sering podium pertama kelas Bebek 130 Tune Up Open Pemula. Setelah ditelusuri lebih jauh lagi motor yang dikebut oleh Agung WHY adalah ramuan dari mekanik Eva Agus Prasetyo asal Magelang.

Menariknya spek mesin yang digunakan saat dragbike tidak ada perubahan sedikitpun. Mesinnya dilepas, kemudian dipasang dimotor road race.’’Tidak ada yang berubah, speknya sama persis saat mengikuti kejuaraan dragbike,’’bilang Eva Agus Prasetyo.

Spek mesin sama persis saat ikut dragbike

O…begitu kiranya. Pantes saja saat berlangsungnya latihan bersama dragbike Semarang, digeber sama delapan joki itu motor baik-baik saja. Untuk itu kompresi diplot pada angka 14,7. Ini aman terkendali tanpa ada gejala knocking. Tendangan kompresi dilayani piston forging berdiameter 55,25 mm.

Eva Agus Prasetyo juga menyebut durasi camshaft relatif tinggi hingga 280 derajat, katup masuk dan buangnya kombinasi 29 dan 24 mm dengan lift klep 9,9 mm. Urusan pengabut bahan bakar mengandalkan karbu PWK Sudco 28. Diameter ini diklaim optimal menghantar gas aktif ke ruang bakar. Tidak kekecilan dan tidak kegedean. Dengan kombinasi spuyer pilot jet 60 dan main jet 112.

Pertanyaan lanjutannya adalah apakah perbandingan rasio berubah, mengingat karakter sirkuit Sidotopo Magelang pendek?. Seperi penjelasan diatas tadi tetap sama saat turun di dragbike. Untuk perbandingan rasio 1 (13/34), 2 (18/29), 3 dan 4 adalah standar  dan ke-4nya dengan perbandingan 23/26. Ini semua disempurnakan dengan final gear depan 13 dan belakang 33.  SenandunG

Previous articleRoad Race Magelang 2019 : Progres Nathan Alexander, 2020 Intens Di MP 5 Dan MP 3
Next articleKejurnas OnePrix 2019 Sentul : Sapu Bersih Podium U12, ART Yogyakarta Siap Sambut Final Motorprix
selama itu bermanfaat dia akan memberi semangat pada orang lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.