Home Drag Bike Dragbike 2018 (Thailand) : Tanya Kenapa Sonic 15,82 HP Bisa Menang...

Dragbike 2018 (Thailand) : Tanya Kenapa Sonic 15,82 HP Bisa Menang Lawan Ducati 1299 Panigale 205 HP

3166
Ilustrasi

rodabalap.com – Ada yang berpendapat   bahwa semakin besar kapasitas silinder di mesin motor semakin kencang pula performa mesinnya, contohnya mesin motor yang berkapasitas 1285 cc (Ducati 1299 Panigale) pasti lebih kencang dengan motor 149,16cc (Honda Sonic). Tidak salah memang karena dengan semakin besar cc sebuah motor maka sumber tenaga yang berasal dari bahan bakar akan lebih banyak tertampung di silinder mesin, otomatis power yang dikeluarkan pun semakin besar.

Bila kita melihat perbandingan spesifikasi mesin dari kedua motor diatas  terlintas dipikiran kita, terang saja bobot Ducati 1299 Panigale lebih berat dari Honda Sonic. Ada benarnya juga karena dalam menentukan performa akhir sebuah motor power to weight ratio sangat menentukan.

Dari spesifikasi mesin kedua motor diatas jelas jauh berbeda, ibarat langit dan bumi. Ducati 1299 Panigale dengan power 150, 8 kw (205 hp) sedangkan Honda Sonic 150 cc dengan daya  sebesar 15,82 HP.  Jadi pertanyaan terakhirnya, darimana power Honda Sonic  tersebut berasal. Pada jarak 402 m   bisa menang melawan Ducati 1299 Panigale!!!.

sebenarnya yang menjadi intinya adalah seberapa banyak campuran bahan bakar dan udara bisa masuk melalui lubang katup.  Selain besarnya diameter lubang katup ada juga hal yang terpenting dalam menghasilkan power mesin yaitu perbandingan kompresi. Disini kompresi ini adalah langkah kedua dari sistem kerja mesin , campuran udara dan bahan bakar akan dipadatkan dalam langkah kompresi. Semakin tinggi nilai perbandingan kompresi mesin motor maka semakin tinggi juga tekanan campuran udara dan bahan bakar.

Campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan tinggi ini langsung diledakan oleh percikan api busi, pastinya ledakan yang paling besar adalah mesin yang mempunyai campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan paling tinggi(perbandingan kompresi yang paling tinggi). Have Nice Day,,,SenandunG

 

Previous articleMotoGP 2018 : Belum Ada Kejelasan Dengan Movistar Yamaha Siap Kerjakan Rencana B
Next articleTergoda Beta RR 2T 200cc Unduro Keluaran Tahun 2019 Ringan Dan Lincah
selama itu bermanfaat dia akan memberi semangat pada orang lain