Home More Wah,,,Motor Trail Buat Boncengan, Yang Bener Saja Bro….

Wah,,,Motor Trail Buat Boncengan, Yang Bener Saja Bro….

2021

rodabalap.com – Harus kita akui orang Indonesia senangnya rame-rame, termasuk dalam urusan kendaraan. Contohnya saja motor sport dengan kapasitas satu tempat duduk alias hanya untuk satu orang, yang kerap dipaksankan untuk bisa mengangkut para boncenger. Fenomena ini sudah lumrah. Walaupun untuk hal ini, orang yang dibonceng harus rela mendapatkan tempat duduk dan kenyamanan alakadarnya. Padahal kalau dipikir-pikir, kalau memang tujuannya mau boncengan, kenapa nggak pake jenis matic atau bebek aja. Kan lebih nyaman.

Sebenarnya tidak ada perbedaan dengan motor sport, motor trail pun didesain dengan tempat duduk alias jok untuk mengangkut satu penumpang. Tapi kalau mau dipaksakan, bisa-bisa aja sih, cuma risikonya kenyamanan dan keamanan mungkin akan tergadaikan. Bagaimana tidak, kebanyakan jenis motor trail dibekali dengan jok yang sempit dan tipis. Selain itu, suspensi dan bahan joknya pun lumayan keras, terlebih untuk bagian jok boncenger yang notabene lebih tipis ketimbang bagian jok depannya.

Oleh karena itu, sebaiknya  tidak berboncengan saat mengendarai motor trail yang khusus untuk di sirkuit nih. Karena jelas, seperti yang tadi sudah disebutkan, keamanan yang membonceng pasti tidak 100% terjaga. Sekarang ini, ada beberapa jenis motor trail yang akhirnya dapat digunakan untuk harian dan bisa untuk boncengan.

Dikutip dari super adventure, sebut saja keluaran dari Kawasaki, yaitu Kawasaki D Tracker 150cc – 250cc. Motor Trail ini sudah bisa dipakai untuk harian karena fitur ban yang tidak menggunakan ban pacul. Ban yang digunakan oleh motor trail ini berjenis roadster, artinya, ban ini akan lebih ramah di jalan aspal, dibandingkan dengan ban yang berfungsi untuk dirt path. Kemudian, performa mesin juga dijaga agar tidak segalak Motor Trail yang berada di sirkuit. Namun, walau begitu, Kawasaki D Tracker ini tetap mampu membawa lo lari kencang, bro.

Kemudian, selain produkan Kawasaki, Hondapun tidak ingin kalah dengan mengeluarkan CRF 150cc – 250cc juga. Tidak jauh berbeda dengan Kawasaki, Honda CRF ini juga mengganti bannya dengan jenis roadster yang dapat memudahkan pengendaranya berjalan di atas aspal. Walau begitu, Honda juga menyiapkan CRF ini untuk selalu siap untuk segala medan. Terbukti bahwa CRF dapat juga melaju di dirt path dengan tentunya menggunakan ban pacul atau ban khusus trail.

Dua jenis motor trail harian tersebut juga sudah dilengkapi dengan jok yang memungkinkan untuk berboncengan. Namun, jelas karena ini tetap motor trail pada dasarnya,  tidak bisa berlama-lama membonceng di motor ini karena kurangnya kenyamanan.Tapi kalau cuma buat boncengan sebagai kendaraan komuter dalam kota dengan jarak tempuh 10-20 km, mungkin masih bisa ditoleransi, kondisinya sama dengan motor sport untuk 1 orang, yang dipaksakan untuk digunakan dua orang. Tapi buat jarak jauh, mendingan jangan bro!

Previous articleSolusi Pijakan Kaki (Foot Peg) Trail Berkarat
Next articleJelang Daytona Indoclub Championship Jabar (23-24 Maret) : SS 1 Karya Fajar Timur Farell Motor Berani Tampil Ridernya Rey Ratukore
Filosofi hidup : Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang