rodabalap.com – Pada bulan September 2018 yang lalu Yamaha   memperkenalkan motor enduro WR450F generasi terbaru untuk  model tahun 2019. Motor ini diklaim oleh Yamaha sebagai all new bike dengan banyak perubahan. Dimulai dari desain yang baru, power delivery yang lebih kuat, hingga handling yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Peluncuran WR450F model year 2019 ini sekaligus menandai ulang tahun yang ke-20 bagi motor enduro keluaran Yamaha.

Menengok sejarah, motor enduro WR-F pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha pada tahun 1998. Waktu itu mesin motor enduro WR-F hanya 400 cc, kemudian menggelembung menjadi 426 cc, dan mesin generasi terbaru dengan desain reverse cylinder yang ada sampai saat ini kapasitasnya adalah 450 cc. Untuk WR450F model tahun 2019 sendiri dikembangkan dari basis mesin dan rangka motocross YZ450F generasi terbaru model year 2019 sehingga nggak mengherankan kalau power yang dihasilkan sangat oke dan bobotnya juga termasuk ringan.

Menurut informasi yang ada bahwa Yamaha WR450F memiliki power dan torsi yang lebih besar namun sebaran power itu linear sehingga memudahkan bagi pengguna berkat penggunaan intake exhaust yang spesifik untuk enduro, serta sistem injeksi dan engine mapping canggih yang juga spesifik buat enduro. Kemudian WR450F model  2019 memiliki traksi yang sangat bagus, body yang lebih ramping dan lebih ringan, dan throttle control yang smooth. Imbasnya handling motor ini jadi jauh lebih baik lagi. Sumber : Adventureriderz

Fitur-Fitur Yamaha WR450F Model Year 2019:

  1. Mesin 450 cc reverse cylinder yang lebih powerful namun tetap smooth untuk memudahkan handling ketika berada di jalur trail yang teknikal.
  2. Dilengkapi dengan Power Tuner App yang memungkinkan pengguna melakukan tuning bahan bakar dan pengapian melalui aplikasi di ponsel pintar. Antara motor dengan ponsel pintar ini bisa saling terhubung menggunakan WiFi.
  3. Tersedia switch engine mapping yang berada di handlebar untuk memilih karakteristik power delivery mesin tergantung dari track yang dilewati.
  4. WR450F model year 2019 dipersenjatai dengan frame aluminium twin spar baru yang lebih ramping dan lebih ringan.
  5. Yamaha tetap mengandalkan suspensi upside down (depan) dan mono shock (belakang) buatan Kayaba (KYB) pada WR450F model year 2019. Meskipun suspensi ini merupakan warisan dari motor motocross YZ450F model year 2019, tapi settingannya sudah disesuaikan untuk kebutuhan enduro.
  6. Tangki bahan bakar yang terbuat dari bahan dasar plastik resin dengan kapasitas 7.9 liter lengkap dengan fuel pump berukuran kecil.
  7. Bodywork lebih ramping, lebih ringan, dan bentuknya lebih tajam serta menggunakan desain headlight yang baru.
  8. Telah dilengkapi dengan skid plate dan sensor kecepatan yang baru.
  9. Untuk memudahkan perawatan, WR450F dibekali dengan airbox (filter udara) baru sehingga pengguna bisa mengganti busa fiter udara dengan mudah tanpa menggunakan alat sekalipun.
  10. Sistem transmisi 5-percepatan ratio lebar dengan kopling baru yang lebih ringan dan lebih kuat.
  11. Jok yang lebih rendah dan lebih lebar sehingga memberikan kenyamanan lebih baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.